Metode Charging Baterai pada Instalasi Sistem DC

industri pengisi daya DC

Baterai menjadi sebuah benda yang biasa digunakan sebagai sumber energi listrik di berbagai perangkat atau mesin industri. Jika baterai berasal dari sumber energi listrik dengan tipe searah maka biasa disebut dengan Direct Current atau DC.

Nah, metode pengisian baterai pada instalasi sistem DC PLN atau industri pengisi daya DC menjadi hal penting untuk diketahui. Dalam hal ini ada beberapa metode pengisian atau charging yang bisa digunakan. Penasaran? Simak apa saja berbagai metodenya pada pembahasan di bawah ini.

Metode Pengisian Baterai pada Instalasi Sistem DC

Perlu diketahui bahwa metode charging baterai pada instalasi sistem Direct Current atau DC terbagi menjadi 3 macam, yaitu Floating Charge, Boosting Charge, dan Equalizing Charge. Berikut ini adalah pembahasan selengkapnya mengenai ketiga metode tersebut.

1. Floating Charge

Floating charge merupakan metode pengisian baterai yang dilakukan untuk menjaga baterai agar selalu dalam kondisi penuh atau full charge. Baterai sama sekali tidak menerima ataupun mengeluarkan arus listrik ketika sudah terhubung ke charger dan beban.

Sistem yang satu ini biasa digunakan pada gardu induk listrik. Jika misalnya sumber suplai daya DC yang utama hilang, maka beban akan disuplai baterai secara langsung.

2. Equalizing Charge

Metode charging pada instalasi DC yang kedua adalah equalicing charge. Metode yang juga biasa dipakai oleh industri pengisi daya DC ini bertujuan untuk meratakan atau menyamakan suatu tegangan karena memiliki perbedaan tegangan di masing-masing sel.

Pengisian tentu akan menjadi semakin baik jika menggunakan alat yang memiliki ukuran yang sama dengan baterai. Tujuannya supaya temperatur selalu terjaga dan baterai selalu dalam kondisi yang baik.

3. Boosting Charge

Metode pengisian terakhir yang tak kalah pentingnya yaitu metode boosting charge.  Boosting charge merupakan sejenis pengisian secara cepat untuk pengisian kembali (initial charge) setelah baterai mengalami pengosongan selama beberapa waktu.

Untuk metode ini umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama, bahkan bisa berlangsung selama beberapa jam.

PMI Energy bisa dijadikan sebagai solusi tepat bagi Anda yang sedang mencari industri pengisi daya DC terpercaya. Layanan diberikan cukup beragam dengan produk kelistrikan yang cukup lengkap. Segera hubungi melalui website resminya https://pmienergyindonesia.com/  untuk lebih detail.