Minyak Cengkeh Obat Sakit Gigi

Haloo kalian, disini saya akan membagikan sebuah artikel tentang minyak cengkeh obat sakit gigi, nah bagi kalian yang tertarik bisa membaca sampai selesai yaa.

Manfaat minyak cengkeh untuk sakit gigi

Cengkeh merupakan sebuah bunga kering dari keluarga pohon Myraceae. Cabang cengkeh mengandung bahan yang disebut eugenol, yang bertindak sebagai anestesi alami.

Eugenol bekerja untuk mematikan sinyal saraf yang menyebabkan rasa sakit, sehingga mengurangi rasa sakit sakit gigi. Euganol juga merupakan agen anti-inflamasi yang efektif untuk mengeringkan gusi yang bengkak dan menghilangkan iritasi di area gigi yang bermasalah.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa minyak cengkeh bisa atau dapat menggantikan kinerja dari obat benzokain yang berguna sebagai pereda nyeri. Benzocaine adalah anestesi lokal yang memblokir sinyal saraf dalam tubuh.

Tidak semua orang bisa menggunakan minyak cengkeh

Walaupun sangat bermanfaat untuk menghilangkan sakit gigi, namun minyak yang satu ini tidak dapat digunakan oleh semua orang.

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap cengkeh atau ramuan herbal, jangan memaksakan diri untuk mencoba. TIdak sembuh tetapi penggunaan minyak cengkeh malah akan membuat tubuh kalian bereaksi yang menyebabkan bahaya.

Minyak cengkeh tidak disarankan bagi kalian yang mempunyai kelainan darah. Hal ini karena senyawa eugenol dalam minyak cengkeh dapat menghambat proses pembekuan darah di dalam tubuh.

Orang yang memiliki riwayat penyaki yang kronis diharuskan berbicara dengan dokter sebelum kalian menggunakan minyak cengkeh di mulut. Begitu juga untuk anak-anak, ibu hamil, orang tua dan orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah akibat penyakit tertentu.

Efek samping penggunaan minyak cengkeh

Minyak cengkeh hanya boleh dioleskan pada gigi yang sakit. Jangan sampai kalian menelan minyak cengkeh atau sengaja meneteskan minyak cengkeh ke lidah atau gusi yang sensitif. Menggunakan minyak cengkeh juga dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak mengenakan seperti :

Sensasi terbakar di mulut yang dapat menyebar ke hidung dan tenggorokan
Sakit tenggorokan
Seriawan
sakit perut
Mual dan muntah
Sulit bernafas
Sulit buang air kecil
Pusing dan sakit kepala.
diare

Penelitian yang dilakukan terhadap hewan memberikan hasil bahwa minyak cengkeh bisa berdampak untuk merusak hati, dan juga penebalan atau pengerasan pada jaringan perut atau kerongkongan. Dalam kasus yang parah, minyak ini dapat menyebabkan sakit maag dan masalah ginjal.

Dikarenakan minyak cengkeh memiliki efek samping yang buruk maka diperlukan kehati hatian ketika menggunakannya. Penggunaan minyak cengkeh tanpa kehati hatian dapat menyebabkan penyakit yang kalian derita malah semakin parah.

Cara membuat minyak cengkeh

Minyak Cengkeh Obat Sakit Gigi

Cara Membuat Minyak Cengkih Agar Tubuh Kita Tetap Sehat! Ini dia bahan dan langkah yang kalian butuhkan.

Beli cengkeh utuh

Beli 5 hingga 10 cengkeh utuh untuk membuat 30 ml minyak.

Ingat, semakin banyak cengkeh yang Anda gunakan, semakin kuat minyaknya. Jadi Anda perlu menyesuaikan dosis minyak cengkeh berdasarkan kekuatannya.

Siapkan sebotol minyak zaitun

Minyak zaitun sendiri berfungsi sebagai carrier oil yang dapat membantu mengekstrak khasiat cengkeh.

Perlu diperhatikan bahwa para ibu menggunakan virgin oil atau minyak zaitun extra virgin. Kalian juga membutuhkan 30ml minyak zaitun untuk mendapatkan 30ml minyak cengkeh.

Simpan minyak dalam gelas atau botol gelap

Gelas yang gelap dan bersih bisa mencegah minyak rusak atau terkontaminasi, Moms!

Jika memungkinkan, gunakan gelas atau botol dengan pipet untuk kemudahan penggunaan. Kalian bisa menggunakan botol kaca yang dimasukan ke dalam kantong dari kertas untuk mencegah kerusakan.

Jika sudah tau bahan dasar dari pembuatan minyak cengkeh, berikut ini ada beberapa langkah untuk membuat minyak cengkeh.

Langkah-langkah membuat minyak:

Masukkan seluruh cengkeh ke dalam gelas.
Tuang minyak zaitun sampai volumenya 2,5 cm lebih tinggi dari cangkir
Tutup dan kocok toplesnya
Diamkan toples selama 10 hingga 14 hari
Saring cengkeh melalui saringan keju

Okee mungkin sekian dari artikel minyak sereh obat sakit gigi, nah bagi kalian yang ingin membuat minyak cengkeh sendiri, kalian bisa menggunakan mesin perontok cengkeh, nah pastikan kalian menggunakan mesin dari produsen mesin terbaik, agar mendapatkan mesin yang berkualitas tinggi.