Yuk Intip Resep Kue Gemblong Betawi Yang Lezat

logo switch-foot.com

Banyak orang yang belum mengetahui resep kue gemblong betawi. Karena biasanya kue ini rata-rata hanya terjual di betawi saja. Rasanya pun bisa dibulang enak. Walaupun belum banyak yang mengetahuinya,tetapi kue ini justru malah banyak yang memfavoritkannya.

Kelapa

Buah kelapa merupakan buah tropis yang terbuat dari tanaman Cocos nucifera yang termasuk dalam famili Arecaceae atau Palm Paleman. Buah kelapa berbentuk bulat di beberapa sisi, agak miring dan seukuran kepala manusia. Warna buah kelapa hijau bahkan ada yang kuning tergantung varietasnya.

Daging buah kelapa dibungkus pada kulit luar berupa ijuk tebal dan bagian dalam berupa kayu keras atau tempurung. Batok kelapa menutupi daging buah yang putih bersih dan sari buahnya. Air yang terkandung pada buah bening agak keruh, rasanya manis dan menyegarkan.

Habitat tanaman kelapa adalah dataran rendah tropis. Tanaman ini memiliki toleransi yang tinggi terhadap tanah dengan salinitas tinggi, sehingga sering tumbuh di tepi pantai. Meski begitu, pohon kelapa bisa tumbuh di dataran tinggi, namun perkembangannya lebih lambat.

Kelapa juga bisa dibuat dengan cocomesh jaring sabut kelapa. Karena sangat beragam sekali manfaatnya dalam pertambangan atau apapun itu.

Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan

1. Apakah Lemak Baik?

Meski kelapa memiliki khasiat penyembuhan, banyak orang masih belum yakin apakah minyak kelapa aman untuk kesehatan karena mengandung lemak jenuhnya. Minyak kelapa murni diperoleh dari kelapa matang dengan daging buah yang keras.

Minyak kelapa terhidrogenasi dikumpulkan dan kemudian dipres dingin pada suhu sekitar 38 derajat Celcius. Lebih baik jika Anda mengonsumsi minyak kelapa murni yang belum diolah.

2. Kelapa Dapat Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kesulitan menurunkan berat badan, cobalah pertimbangkan untuk mengonsumsi rutin pada buah kelapa. Bahkan dengan lemak jenuhnya saja itu tidak seberbahaya seperti yang kita pikirkan. Yang biasanya direndam dalam kalori tinggi dan kolesterol.

Buah kelapa kebanyakan mengandung asam lemak rantai menengah yang tidak hanya membantu menurunkan pada berat badan saja, tetapi juga dapat meningkatkan metabolisme pada saat yang bersamaan.

Lemak membakar energi alih-alih menempel di perut. Ini bagus untuk diet Anda. Selain itu, buah kelapa juga menjaga keseimbangan saluran pencernaan dan mendetoksifikasi tubuh Anda.

Kelapa tidak memiliki produk sampingan yang berbahaya untuk dikhawatirkan. Bahkan saat digunakan ketika sedang memasak makanan seperti halnya pada minyak nabati lainnya.

3. Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Mengkonsumsi air dalam kelapa muda akan memberi Anda semua elektrolit yang Anda butuhkan. Ini adalah sumber elektrolit berperingkat tertinggi yang terutama bertanggung jawab untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Kelapa juga memastikan saraf dan otot Anda berfungsi secara optimal.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buah kelapa atau biasanya terutama minyak kelapanya, dapat menjaga kulit tetap sehat dan juga menjaga awet muda. Minyak kelapa mengandung antioksidan yang bisa memperlambat proses penuaan dan juga melindungi kulit Anda dari radiasi matahari yang sangat berbahaya.

Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa ke kulit Anda. Gunakan sebelum mandi agar minyak lebih mudah diserap kulit begitu pori-pori terbuka.

5. Buah Kelapa Melawan Virus dan Bakteri

Buah kelapa sangat bermanfaat dalam melawan virus dan juga bakteri. Karena buah kelapa mengandung asam laurat yang apabila kita cerna akan membentuk zat yang biasa disebut monolaurin. Zat ini membantu melawan jamur, virus, dan bakteri untuk mencegah infeksi.

Bahkan banyak yang telah mendapat bukti bahwa bisa dalam membantu membunuh bakteri  ragi Candida albicans dan juga Staphylococcus aureus, yang menjadi penyebab umum infeksi jamur pada manusia.

6. Menjamin Kesehatan Gigi dan Tulang

Mengkonsumsi buah kelapa setiap hari memiliki manfaat untuk menunjang perkembangan gigi dan tulang yang sehat.

Dengan melakukan ini, Anda meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mangan dan kalsium, yang penting untuk perkembangan tulang, dan Anda dapat mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan kurus serta menyebabkan hilangnya kepadatan.

Kelapa juga merupakan alternatif yang sangat baik untuk orang yang tidak toleran laktosa.

7. Menghilangkan Infeksi Kulit Kepala

Manfaat buah kelapa selanjutnya adalah antijamur dan antibakteri yang membantu melindungi kulit kepala dari kutu, ketombe, dan gatal-gatal di kulit kepala. Semuanya berperan dalam mengurangi pertumbuhan rambut.

Konsumsi buah kelapa juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kelapa bersifat anti parasit, anti bakteri, anti virus dan anti jamur.

Resep Kue Gemblong Betawi

Bahan-bahan :

  • 300 gram tepung ketan
  • 90 gram tepung beras
  • 1/2 kelapa kering
  • 1/3 sendok teh garam
  • Cicipi vanilla
  • 100 ml santan (dari 1/2 butir kelapa), tanah liat
  • 200 gram gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • Lebih sedikit air

Cara Membuat Kue Gemblong Betawi :

  1. Tambahkan semua bahan, tambahkan santan sedikit demi sedikit hingga lembut dan siap dibentuk.
  2. Bentuk adonan sesuai selera. Lalu goreng dan angkat.
  3. Siapkan wajan (jangan lengket lebih baik) dan tambahkan semua bahan untuk gula masak sampai gula benar-benar meleleh.
  4. Masukkan semua kue gemblong ke dalam campuran gula merah.
  5. TIPS: Jika gula merah meleleh terlalu encer, aduk dan sedikit demi sedikit tambahkan tepung ke dalam loyang dengan kue dan gula merah. Semoga beruntung .

Demikian merupakan artikel resep kue gemblong betawi. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencobanya.