Resep Tempe Mendoan Spesial

resep tempe mendoan spesial

Hallo sobat-sobat semuanya pada artikel serta kesempatan kali ini saya ingin membagikan kepada kalian cara buat dan resep tempe mendoan spesial yang bisa kalian ikuti dan buat juga dirumah karena tahapan dan bahannya yang dibutuhkan sangatlah mudah.

Tetapi sebelum ke pembahasan dari cara buat dan resep tempe mendoan spesialnya saya ingin membagikan sedikit latar serta membahas hal-hal yang masih berkaitan dengan tempe mendoan ini, barang kali diantara sobat sekalian masih ada yang belum tahu apa iut mendoan kan ? hehe.

Tanpa berlama-lama lagi kita langsung saja masuk ke pembahasannya.

Tempe Mendoan

resep tempe mendoan spesial

Mendoan merupakan salah satu jenis gorengan yang berasal dari Karesidenan Banyumas. Kata mendoan ini banyak yang berpendapat berasal dari bahasa Banyumasan yakni mendo yang artinya setengah matang. “Mendoan” yang artinya “masak cepat dengan minyak panas yang banyak”, sehingga makanan belum siap dengan makanan.

Bahan makanan yang paling sering dibuat untuk mendoan adalah tempe dan tahu. Ada baiknya jika Anda ingin membuat mendoan panggang dengan jenis tempe khusus untuk mendoan yang sangat tipis. Pilih warna putih muda jangan sedikit hitam karena nanti biasanya akan ada rasa pahit.

Sejarah Mendoan

Asal usul nama keluarga tempe mendoan

mendoan menjadi ujung tombak pariwisata di Kabupaten Banyumas. Tempe Mendoan menggunakan tempe tipis khas Banyuma. Kemudian tempe dilumuri dengan campuran tepung dan bumbu, lalu digoreng dengan mendo atau setengah matang. tidak renyah. Itulah sebabnya tempe ini disebut mendoan.

Mendoan muncul dengan tempe kedelai

Dikatakan bahwa doa telah ada selama lebih dari satu abad. Itu datang dengan tempe. Kedelai sebagai bahan baku tempe banyak dibudidayakan di China dan Indochina kemudian didistribusikan ke Indonesia. Tempe mendoan telah menjadi komoditas utama dan telah dikelola secara komersial di Banyumas sejak tahun 1960-an.

Orang Banyumas dan Mendoan

Nama Mendoan sering digunakan sebagai simbol semangat gerakan sosial masyarakat Banyumas. Orang Banyumas diibaratkan mampu beradaptasi atau fleksibel seperti berdoa. Namun, itu bisa menjadi kaku seperti keripik saat ditekan.

Resep Tempe Mendoan Spesial

resep tempe mendoan spesial

Setelah tadi saya sudah membahas bersama kalian seputaran latar dan hal hal yang berkaitan dengan mendoan kini saatnya saya akan membagikan cara membuat resep tempe mendoan spesial yang bisa kalian buat juga dirumah kalian masing-masing.

Langsung saja tanpa perlu lagi berlama-lama karena basa-basi semacamnya kita langsung masuk ke pembahasan dari resep tempe mendoan spesial.

Bahan-bahan :

  • 1 papan tempe (kalian potong tipis tipis)
  • Tepung terigu (bebas menggunakan merk apapun)
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 siung bawang putih halus
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 batang daun bawang (diiris)
  • Air secukupnya

Bahan Sambal :

  • 5 cabai
  • 5 sdm kecap manis
  • bawang goreng sesuai selera

Langkah-langkah :

  1. Pertama-tama kalian bisa menyiapkan peralatan beserta dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mendoan kali ini.
  2. Selanjutnya, kalian Campurkan tepung terigu beserta dengan bumbu, tambahkan air. Sampai kekentalan yang diinginkan, selalu cek rasanya dan pastikan sudah sesuai dengan selera teman-teman.
  3. Goreng sampai matang keemasan. Kalian Bisa bikin Mendoan yang rada basah atau kering, menurut selera kalian masing-masing.
  4. Selanjutnya untuk sambal, teman-teman sekalian cukup mencampurkan semua bahan dan diaduk secara merata.
  5. Setelah sambal siap, kalian bisa mensajikan tempe mendoannya bersamaan dengan sambal supaya lebih mantab.

Mungkin itulah tadi artikel kali ini yang membahas seputaran resep tempe mendoan spesial yang bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian yang sedang mencari ataupun tertarik dengan informasi terkait yang dibahas di artikel kali ini.

Sampai berjumpa lagi semuanya , see you guys in another chance ! goodbye all !.