Beberapa Sayuran Yang Mengandung Vitamin E Untuk Kesuburan

Vitamin e untuk kesuburan

Vitamin E merupakan salah satu asupan nutrisi yang dianggap baik untuk kesuburan. Vitamin ini dapat membantu kesuburan wanita, juga kesuburan pria. Apa saja manfaat vitamin E untuk program kesuburan dan kehamilan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Vitamin E

Vitamin e untuk kesuburan

Vitamin E merupakan suplemen untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin E. Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak dengan efek antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Secara alami, vitamin E ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati. Suplemen vitamin E dibutuhkan ketika seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin E secara alami.

Baca Juga : Macam – Macam Sayuran Yang Mengandung Vitamin E

Fungsi vitamin E untuk kesuburan wanita

Vitamin E merupakan salah satu suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para wanita saat sedang merencanakan kehamilan. Pasalnya, vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan reproduksi sehingga bisa digunakan sebagai cara cepat hamil. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil untuk rutin mengonsumsi vitamin E, terutama bagi Anda yang masih dalam usia reproduksi.

Beberapa manfaat vitamin E untuk kesuburan atau program hamil, di antaranya:

1. Menebalkan dinding rahim

Salah satu fungsi vitamin E untuk kesuburan atau promil adalah membantu menebalkan dinding rahim yang tipis. Ketebalan dinding rahim yang ideal memang penting untuk konsepsi dan kehamilan. Pasalnya, embrio harus menempel erat pada dinding rahim agar bisa tumbuh menjadi janin.

Dinding rahim yang terlalu tipis dapat membuat janin sulit terbentuk di dalam rahim. Tidak hanya itu, dinding rahim yang terlalu tipis atau di bawah batas normal biasanya dapat meningkatkan potensi bayi tabung atau bayi tabung untuk gagal. Selain itu, dinding rahim yang terlalu tipis dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengalami keguguran

Dalam sebuah penelitian di The Journal of Maternal-Fetal and Neonatal Medicine, dijelaskan bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin E mengalami peningkatan ketebalan dinding rahim.

2. Melindungi lapisan air ketuban

Mengkonsumsi vitamin E tidak hanya bermanfaat untuk kesuburan, tetapi juga dapat melindungi cairan ketuban dari kerusakan. Mungkin, Anda tidak merasakan manfaat vitamin ini dalam waktu singkat. Namun seiring waktu, selaput dalam tubuh menjadi lebih kuat. Dengan begitu, kerusakan lapisan cairan ketuban bisa dihindari saat kehamilan mulai tumbuh.

3. Mengatasi PCOS

Manfaat lain vitamin E untuk promil adalah membantu mengatasi sindrom ovarium polikistik (PCOS). Ini adalah salah satu gangguan reproduksi yang paling umum dialami oleh wanita. Wanita dengan PCOS mengalami kelebihan hormon androgen dan resistensi insulin.

Jika Anda rutin mengonsumsi vitamin E, Anda bisa mengurangi efek PCOS yang bisa membuat Anda sulit hamil. Misalnya, membantu mengembalikan siklus menstruasi normal serta kadar hormon pada wanita.

4. Sebagai antioksidan

Vitamin E merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik untuk kesuburan. Perlu diketahui bahwa anti-oksidan baik untuk kesuburan karena berfungsi menghilangkan oksigen reaktif. Tingkat oksigen reaktif yang tinggi dapat merusak sel-sel yang membangun sel telur. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin E bermanfaat untuk melindungi sistem reproduksi dan menjaga kesehatan rahim.

Selain itu, vitamin E juga bermanfaat sebagai antikoagulan alami. Antikoagulan akan mengencerkan darah yang telah menggumpal di daerah panggul dan rahim. Dengan begitu, sirkulasi darah di rahim akan lancar sehingga bisa memicu peningkatan ketebalan dinding rahim.

Fungsi vitamin E untuk kesuburan pria

Selain bermanfaat bagi wanita, ternyata vitamin E juga dapat meningkatkan kesuburan pria. Selain itu, masalah kesuburan atau infertilitas juga bisa disebabkan oleh pria karena tingginya kadar radikal bebas di dalam tubuh. Berikut beberapa manfaat vitamin E untuk kesuburan pria, di antaranya:

1. Meningkatkan pergerakan sperma

Untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda bisa mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan motilitas atau kemampuan sperma untuk bergerak. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi vitamin C dan vitamin E dapat mengalami peningkatan kualitas sperma, terutama pada pergerakan sperma. Ketika gerakan sperma berada pada kecepatan yang tepat, peluang sperma untuk membuahi sel telur meningkat sehingga dapat terjadi kehamilan.

2. Menambah jumlah sperma

Selain meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma, manfaat lain mengonsumsi vitamin E adalah meningkatkan jumlah sperma. Pasalnya, jumlah sperma yang kurang dari jumlah normal biasanya menjadi salah satu penyebab infertilitas yang paling umum pada pria.

Jumlah sperma dianggap terlalu rendah jika dalam 1 mililiter air mani hanya terdapat kurang dari 20 juta sel sperma. Jumlah sperma memang bisa berubah dan berkurang karena infeksi atau berbagai masalah kesehatan reproduksi lainnya.

3. Meningkatkan keberhasilan kehaamilan pasangan

Tidak hanya wanita, kesuburan pria juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan kehamilan. Baik kehamilan karena proses alami hingga terapi kesuburan seperti program bayi tabung. Penelitian dari University of Auckland menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi suplemen antioksidan seperti vitamin E berpeluang besar berhasil menghamili pasangannya.

Karena itu, untuk hasil yang baik, Anda bisa mengonsumsi suplemen dengan antioksidan seperti vitamin E untuk program kehamilan. Hal ini juga sekaligus untuk mengurangi kemungkinan penurunan kualitas dan kuantitas sperma.

Baca Juga :Manfaat Alpukat untuk Penyembuhan Penyakit Darah Tinggi secara Alami

Beberapa Makanan dan Sayuran Sumber Vitamin E

Vitamin e untuk kesuburan

Ada banyak faktor yang meningkatkan keberhasilan Anda dalam memiliki kehamilan. Mulai dari menjaga kesehatan, masa subur yang teratur, mengonsumsi makanan untuk program kehamilan, hingga menambah suplemen tertentu yang sudah direkomendasikan oleh dokter.

Meski bukan faktor utama, Anda bisa meningkatkan peluang hamil dengan rutin mengonsumsi vitamin E. Tak hanya dari suplemen, ada juga sumber asupan vitamin E alami untuk program kehamilan, seperti:

  • Biji bunga matahari
  • Brokoli
  • Bayam
  • Alpukat
  • Kacang almond
  • Mangga
  • Kacang hijau
  • Sayuran tauge

Nah, jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin E untuk kesuburan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Umumnya, dosis vitamin E yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 15 mg per hari. Sementara itu, wanita di atas usia 37 tahun dianjurkan mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan dengan dosis 200 IU. Yang perlu diingat adalah vitamin E untuk program kehamilan tidak bisa diambil sembarangan.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mana obat dan suplemen yang bisa dikombinasikan atau tidak. Selain itu, ada juga obat-obatan yang tidak dianjurkan bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Selain memperbanyak asupan vitamin E untuk promil, Anda dan pasangan juga sangat disarankan untuk menjalani pola hidup sehat agar bisa cepat hamil. Berolahraga secara teratur, menjaga pola makan seimbang, mendapatkan istirahat yang cukup, dan mengelola stres telah terbukti meningkatkan peluang untuk hamil.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika kamu ingin membuat makanan dari bahan dasar sayur anda bisa membuat salad dengan menggunakan Alat Pemotong Buah Dan Sayur VGCJ23B, agar lebih mudah dan juga dapat menghemat waktu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.