Ternyata Segini Biaya Maklon Kosmetik Secara Ilegal dan Halal

logo switch-foot.com
jasa maklon kosmetik

Jasa Maklon Kosmetik – Minat masyarakat Indonesia saat ini terhadap kosmetik dan skin care semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan bayaknya brand dan produk lokal yang muncul. Bahkan tak sedikit dari mereka yang berlomba meluncurkan seri produk di pasar.

Sehingga hal tersebut mendapat respon positif dari banyak orang atau konsumen. Namun, terkadang kepopuleran itu mengundang para pebisnis lain untuk terjun ke bisnis tersebut. Maka dari itu, banyak orang bertanya mengenai berapa modal memulai di bisnis tersebut?

Dengan menggunakan maklon kosmetik, kamu tidak perlu membuat pabrik kosmetik atau skin care. Sebab, perusahaan maklon yang membantu proses produksi. Namun berapa biaya utuk maklon tersebut ? 

Biaya Pengeluaran untuk Jasa Maklon Kosmetik

1. Biaya pembuatan sampel produk

Pada tahap awal, anda menentukan produk yang ingin dibuat seperti persetujuan bahan dan formula. Setelah itu, perusahaan akan membuatkan sampel produk. Pembuatan sampel tersebut bertujuan supaya terhindar dari kesalahan produk yang dibuat. Sehingga, kamu bisa melihat produk sebelum diproduksi secara massal. Kemudian biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan sampel produk sekitar Rp 1.300.000 hingga Rp 1.500.000.

2. Biaya Perizinan

Setelah membuat sampel, supaya produk yang dijual menjadi legal, maka produk tersebut harus mendapatkan izin dari BPOM. Biasanya, produk akan dijual setelah nomor dari BPOM sudah keluar. Namun terdapat banyak proses yang dilalui supaya produk tersebut mempunyai izin dan nomor registrasi dari BPOM. 

Semua produk yang sudah lulus uji BPOM, dijamin aman. Kemudian biaya untuk mendaftarkan produk ke BPOM adalah sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000. Sehingga, jasa maklon kosmetik milik anda sudah legal.

Setelah nomor izin BPOM keluar, wajib hukumnya untuk mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Sehingga, produk yang dijual dinilai aman diguakan oleh konsumen. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikasi halal, adalah sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000.

Setelah mendapat izin BPOM dan bersertifikat halal, kini waktunya mematenkan merek milik anda. Merek perlu disertifikasi supaya nama merek tersebut ekslusif untuk anda. Bahkan merek tersebut sudah paten milik anda dan bisa digunakan untuk bisnis apa saja. Biaya yang dikeluarkan adalah sekitar Rp 5.000.000.

3. Biaya ProduksiBiaya rata-rata pada jasa maklon kosmetik untuk pertama kali, minimal adalah Rp 50.000.000 hingga Rp 100.000.000. Akan tetapi, besaran angka tersebut bergantung dengan jenis produk, bahan, formula, dan kuantitas produk.