Tips Agar Ibadah Umroh Berjalan Lancar

Ibadah Umroh adalah salah satu ibadah dalam agama islam yang hukumnya sunnah Muakkad. Maksud dari Sunnah Muakkad ialah ibadah tersebut tidak wajib dijalankan sehingga tak mendapat dosa jika tak menjalankannya, akan tetapi sangat dianjurkan untuk menjalankannya. Rasanya tak ada umat islam yang tak memiliki niatan untuk bisa melakukan ibadah umroh, selain juga ingin melaksanakan ibadah haji yang diwajibkan bagi mereka yang telah mampu. 

Berangkat umroh bagi sebagian orang tentunya membutuhkan perjuangan yang tidak main main. Tempat pelaksanaannya yang berada di Mekah sana membuat biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan ibadah ini tidaklah sedikit. Beruntunglah kini ada banyak jasa travel yang menyediakan pilihan paket umroh murah. 

Meskipun bisa memilih paket umroh murah, tentunya persiapan ibadah umroh perlu dilakukan sebaik mungkin. Hal itu dimaksudkan agar selama menjalankan ibadah tidak ditemui gangguan yang berarti. Berikut adalah beberapa tips agar ibadah umroh bisa berjalan dengan lancar:

  1. Cek Kelengkapan Barang Bawaan 

Buatlah daftar barang barang yang perlu Anda bawa selama umroh. Barang yang harus dibawa meliputi alat ibadah, perlengkapan pribadi, obat obatan pribadi dan lain lain. Setelah dikemas dalam koper, periksa kembali semua barang secara seksama sesuai dengan daftar yang telah dibuat. 

  1. Jaga Kesehatan 

Anda perlu menjaga kesehatan dengan lebih serius selama masa menjelang keberangkatan dan selama ibadah tengah berlangsung. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin. Selain itu konsumsi air putih juga perlu diperbanyak, terutama ketika tengah berada di Mekah yang cuacanya berbeda jauh dengan Tanah Air. 

  1. Ikuti Petunjuk dari Pendamping 

Paket umroh murah sekalipun akan tetap menyediakan pendamping bagi para jamaah yang diberangkatkan. Ikutilah petunjuk dan panduan dari pendamping tersebut selama berada di Mekah. Jangan sampai Anda terpisah dari rombongan, karena terpisah jauh dari rombongan di negeri yang tak sepenuhnya Anda kenali tentu akan cukup merepotkan. 

Selain tips di atas Anda juga tentunya perlu fokus dengan ibadah yang dijalani. Beribadah denga khusyu haruslah diingat sebagai tujuan utama dari umroh yang tengah Anda jalani.