Tips Memilih Website Pendidikan yang Kredibel Untuk Belajar

website pendidikan di Indonesia

Ada banyak sekali pilihan website pendidikan di Indonesia yang bisa diakses. Namun, tidak semua website dengan tema pendidikan itu kredibel untuk dijadikan sumber belajar. Karena itu, para pelajar Indonesia harus lebih berhati-hati dalam memilih. 

Tips Sederhana Memilih Website Pendidikan

Berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa menjadi patokan untuk memilih website pendidikan yang kredibel. Jadi, para siswa di Indonesia tidak salah dalam memilih website pendidikan sebagai referensi.

1. Perhatikan Penulis yang Mengisi Website 

Tips pertama untuk memilih website pendidikan yang kredibel adalah dengan memperhatikan penulis yang mengisi materi di dalam website tersebut. Tidak hanya sekedar nama, para penulis juga harus mencantumkan gelar akademisinya. 

Penulis yang mengisi website pendidikan sudah seharusnya merupakan seseorang yang memiliki gelar tertentu. Terutama, dalam bidang akademis yang berhubungan dengan materi pendidikan yang ditulisnya. 

Website pendidikan yang baik, pasti mencantumkan dengan lengkap. Siapa saja yang menjadi penulis dalam website tersebut. Penulis tersebut selalu disertai dengan biodata akademiknya yang lengkap dan kredibel. 

2. Pilih Website Sesuai dengan Nichenya 

Dunia pendidikan sangatlah luas dan bercabang, tidak heran website pendidik di Indonesia juga sangat banyak dan dengan cabang ilmu yang berbeda-beda. Ada website yang khusus membahas ilmu sains, ada yang membahas ilmu sosial, dan sebagainya. 

Dalam memilih website, pastikan untuk memilih website dengan niche yang sesuai. Tidak mungkin bukan dalam mencari referensi sejarah, para pengguna membuka website yang membahas matematika. 

3. Perhatikan Bagian Domain Website 

Secara sederhana, domain bisa dikatakan sebagai nama dari website tersebut. Untuk mempermudah para pengguna menemukan websitenya. Website pendidikan pasti menggunakan nama yang sesuai. 

Nama website pendidikan biasanya menggunakan domain TLD yang sudah berbayar. Untuk domain pendidikan pastikan memilih website yang memang sudah premium. Hindari memilih website yang alamat domainnya masih terbilang gratisan. 

Itulah 3 tips sederhana untuk memilih website pendidikan di Indonesia yang kredibel. Walaupun aksesnya online, namun para pengguna tetap harus seksama hanya gunakan website yang kredibel seperti https://www.depoedu.com.