Tips sehingga Tetap Aman sementara Bertransaksi dengan Kode OTP

logo switch-foot.com

Tips sehingga Tetap Aman sementara Bertransaksi bersama dengan Kode OTP
Idealnya, otentikasi One-time Password terlampau lah aman. Karena kode ini berwujud rahasia, terbatas, dan berlaku untuk sementara yang singkat. Sayangnya, pelaku kejahatan siber senantiasa miliki langkah untuk mengelabui korban demi beroleh kode OTP.

Berikut ini adalah sebagian tips yang mesti Anda ketahui untuk bertransaksi secara safe bersama dengan One-time Password :

Waspada dan Teliti

One-time Password adalah kode rahasia. Dan perihal mutlak yang mesti Anda lakukan adalah menjaganya untuk senantiasa safe dan rahasia. Maka dari itu, tetaplah berhati-hati sementara ada pihak tertentu yang menghubungi Anda dan mengaku mereka dari bank atau merchant tertentu.

Untuk menegaskan kecurigaan, Anda termasuk bisa mengecek no yang mengaku dari bank dari web official, atau bahkan account media sosial mereka. Umumnya bank cuma menghubungi dari no hotline official mereka, bukan no yang nampak layaknya no HP biasa.

Jangan Pernah Beri Kode OTP terhadap Siapapun
Kode One-time Password tidak boleh Anda berikan terhadap siapapun. Tidak terhadap saudara, rekan, teman kerja, sahabat, atau bahkan pihak yang mengaku petugas bank/ merchant.

Dalam web atau media Info lainnya, pihak bank atau merchant termasuk secara tegas menginfokan bahwa kode rahasia ini tidak boleh diberikan kepada siapapun. Jika Anda melakukannya dan tindak penipuan terjadi, pihak bank dan merchant bakal berpikiran ini sebagai kelalaian pribadi.

Ganti Password/ PIN secara Berkala
Selain ke-2 perihal di atas, lakukan penggantian password account dan PIN secara berkala bakal melindungi account Anda senantiasa aman. Hindari memanfaatkan PIN yang enteng orang lain tebak, layaknya tanggal lahir. Usahakan untuk tiap-tiap account mempunyai password dan PIN yang berbeda.

Hindari Meminjamkan Akun/ Kartu
Akun atau kartu (kartu debit/ kartu kredit) adalah punya spesial yang tidak boleh rubah tangan sembarangan. Tujuannya adalah untuk mencegah orang lain mengambil alih dan mencatat Info rahasia Anda.

Lakukan Temporary Block terhadap Kartu
Temporary block artinya lakukan blokir sementara. Ini bisa Anda lakukan sementara merencanakan untuk tidak memakai kartu untuk sementara waktu.

Dengan langkah ini, kartu Anda bakal safe dan terhindar dari transaksi menyangsikan yang tidak Anda lakukan.